Beranda Headline PT SBA Tanam Ribuan Mangrove dan Lepas Ribuan Bibit Ikan Kakap Putih...

PT SBA Tanam Ribuan Mangrove dan Lepas Ribuan Bibit Ikan Kakap Putih di Sungai Krueng Raba

GM PT SBA, Mochamad Anwar Bakti bersama Pj. Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, S.STP, MM dan perwakilan Forkopimda Kab. Aceh Besar, perwakilan dari Dinas ESDM, DLHK dan DPMPTSP Provinsi Aceh melepas bibit ikan kakap putih di acara Quarry Day 2023. Foto: Humas/PT. SBA.

Aceh Besar – Penanaman mangrove dan pelepasan bibit ikan kakap putih menjadi bagian dalam rangkaian “Quarry Day 2023”, yang rutin dilaksanakan oleh PT Solusi Bangun Andalas (SBA) setiap tahun, sebagai bentuk komitmen Perusahaan menjaga kelestarian lingkungan serta mewujudkan tambang berkelanjutan (sustainable mining).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Pj. Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, S.STP, MM beserta perwakilan dari Forkopimda Kabupaten Aceh Besar, perwakilan dari Dinas ESDM, DLHK dan DPMPTSP Provinsi Aceh, Muspika Kecamatan Lhoknga dan Leupung, serta para mitra usaha dan pemangku kepentingan lainnya.

Quarry Day 2023 mengusung tema “Tambang yang Kita Mau”. Kegiatan yang berlangsung sejak 23 November 2023 sampai 12 Desember 2023 ini, menyelenggarakan berbagai aktivitas yang meliputi tiga pilar yaitu Lingkungan, Pendidikan dan Pemberdayaan.

Kepala Teknik Tambang SBA, Adi Handarbeni mengatakan, “Program penanaman mangrove dan pelepasan bibit ikan kakap putih ini bertujuan untuk membantu penyerapan karbondioksida, menjaga kualitas air dan udara, serta meningkatkan habitat ikan dan biota sungai untuk memberikan dampak ekonomi yang luas dan menjadi sumber pendapatan bagi nelayan setempat,” tutur Adi Handarbeni.

Kegiatan yang mewakili pilar Lingkungan ini meliputi penanaman 3.000 bibit pohon mangrove di area ring 1 Quarry Clay SBA di gampong Lampaya sepanjang tahun 2023 bekerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat Seulanga serta kelompok masyarakat binaan, pelepasan dua ribu ekor bibit ikan kakap putih di sungai Krueng Raba, Lhoknga serta kunjungan ke area Karst Gua Weung Dalam di area IUP SBA. Hingga Desember 2023 SBA telah menghijaukan area tambang clay (tanah liat) seluas 14,96 hektar, dan 16,1 hektar untuk area tambang batu gamping.

Pada pilar Pendidikan, Perusahaan menyelenggarakan “SBA Goes to School & Campus” yang bertujuan memberikan sosialisasi mengenai regulasi perundang-undangan serta aspek teknis pertambangan, implementasi good mining practice, pengelolaan lahan bekas tambang dan reklamasi, pengetahuan tentang praktik Kesehatan & Keselamatan Kerja (K3), pengelolaan lingkungan dan Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM).

Kegiatan ini berlangsung mulai 23 November 2023 sampai 30 November 2023 di beberapa sekolah dan universitas di Aceh. Selain edukasi, SBA juga memberikan bantuan berupa tong sampah untuk sekolah dan kampus yang dikunjungi, sebagai wujud dukungan terhadap kebersihan dan keberlanjutan lingkungan di institusi pendidikan di Banda Aceh dan Aceh Besar. SBA juga bersama Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Pengda Aceh memberikan edukasi perihal sistem pembentukan Karst kepada puluhan peserta dari kalangan Dosen, Guru, Mahasiswa dan Pelajar.

Sedangkan pada pilar Pemberdayaan, SBA melibatkan masyarakat dalam pembangunan gapura selamat datang di area acara Quarry Day 2023 serta menyediakan booth bagi UMKM binaan SBA dalam memasarkan produk-produk unggulannya dan juga melibatkan kelompok binaan petani mangrove gampong lampaya dalam program konservasi mangrove.

Sementara Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, S.STP., MM., dalam sambutannya menyampaikan, penghargaan dan apresiasi yang tinggi kepada SBA yang telah terus melestarikan lingkungan dan menerapkan teknik pertambangan yang baik sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. (*)