Beranda Headline Ketua DPRK Sebut Festival Qur’ani Ikhtiar Siapkan Generasi Qur’ani di Banda Aceh

Ketua DPRK Sebut Festival Qur’ani Ikhtiar Siapkan Generasi Qur’ani di Banda Aceh

Ketua DPRK Banda Aceh Farid Nyak Umar, kegiatan Festival Qur’ani ke-IV se-Kota Banda Aceh. Kegiatan ini berlangsung di Masjid Al-Furqan Gampong Beurawe, Kecamatan Kuta Alam, Rabu malam (06/12/2023). Foto: Humas/DPRK BNA.

Banda Aceh – Pejabat Walikota Banda Aceh, Amiruddin dengan resmi membuka kegiatan Festival Qur’ani ke-IV se-Kota Banda Aceh. Kegiatan ini berlangsung di Masjid Al-Furqan Gampong Beurawe, Kecamatan Kuta Alam, Rabu malam (06/12/2023).

Meski sempat diguyur hujan deras, kegiatan yang dimulai pada Pukul 21.00 WIB itu tidak menyurutkan semangat dan antusias dari para peserta untuk mengikuti rangkaian acara pembukaan tersebut hingga selesai.

Dalam sambutannya, Pj Walikota Banda Aceh Amiruddin mengingatkan para peserta agar mengikuti rangkaian kegiatan tersebut dengan serius supaya nantinya melahirkan kader-kader qur’ani baru di Banda Aceh.

“Para kader-kader yang bisa mewakili Banda Aceh ke level yang lebih tinggi nantinya, apakah itu MTQ, yang dimulai dari Gampong, kecamatan hingga ke propinsi,” kata Amiruddin.

Amiruddin juga memotivasi para peserta untuk senantiasa mengamalkan Al-Qur’an dan menjadikannya sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Diharapkan festival qur’ani bisa menjaring para kader dari bawah, agar nantinya dibina oleh Pemko Banda Aceh.

“Mudah-mudahan dengan mengamalkan Al Qur’an ini kita bisa hidup lebih baik. Jadikan Al Qur’an sebagai pedoman hidup, di sana sudah diatur semuanya. Oleh karenanya festival seperti ini kita terus jalankan dan terus kita tingkatkan,” kata Amiruddin

Kegiatan yang diinisiasi Ketua DPRK Banda Aceh ini dalam rangka menyiapkan generasi qur’ani di kota Banda Aceh. Pada awalnya kata Farid Nyak Umar, kegiatan ini hanya diselenggarakan se-kecamatan Kuta Alam saja. Namun pada tahun ini kembali digelar dengan ruang lingkup yang lebih luas yaitu se-Kota Banda Aceh.

Menurut Farid, Festival Qur’ani juga merupakan salah satu ikhtiar yang diinisiasi dirinya sebagai upaya membumikan dan menyiarkan Al-Qur’an, yang bertujuan untuk memperkenalkan dan menanamkan sejak dini nilai-nilai al-quran sebagai cara untuk membentuk insan yang berkarakter islami di tengah era modernisasi dan digitalisasi hari ini.

“Kami berharap festival Qur’ani ini bukan hanya sekedar ajang perlombaan, akan tetapi mampu menumbuhkembangkan bakat dan kecerdasan spiritual serta mampu mendorong anak-anak kita untuk selalu dekat dengan Al-Qur’an,” tuturnya.

Keuchik Gampong Beurawe, Amri menyampaikan terimakasih kepada Ketua DPRK Banda Aceh yang telah menginisiasi kegiatan tersebut, dia berharap kegiatan seperti ini terus diadakan setiap tahun di Gampong Beurawe.

“Saya mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini yang dilaksanakan oleh remaja masjid Gampong Beurawe bekerjasama dengan Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh,” kata Amri.

Sementara Rizqan Fitra selaku ketua panitia mengatakan kegiatan ini dilaksanakan pada 6-8 Desember 2023 yang memperlombakan sejumlah cabang diantaranya tilawatil qur’an, tahfizh, cerdas cermat agama, pidato islami dan cabang lainnya. Dimana para peserta merupakan utusan dari 9 kecamatan se-Kota Banda Aceh.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolresta, Kajari, Dandim 0101/KBA, Kadis Syariat Islam, Ridwan Ibrahim, pimpinan OPD, para Camat se-Kota Banda Aceh. Turut hadir Ketua Asosisi Tuha Peut se-Kuta Alam, Keuchik Gampong Beurawe, Ketua TPG Beurawe, Ketua BKM Al-Furqan Beurawe, para Direktur TPA, dan para tamu undangan lainnya.[***]