Beranda Headline Teliti Limbah Tebu, Mahasiswa USK Rebut Medali Emas di Ajang Internasional

Teliti Limbah Tebu, Mahasiswa USK Rebut Medali Emas di Ajang Internasional

Mahasiswa jurusan Teknik Kimia Universitas Syiah Kuala (USK) perolehan medali emas pada 2nd International Competition of Five Minutes Thesis (ICOFIMIT) 2023. Foto: Humas/USK.

Banda Aceh – Tiga mahasiswa jurusan Teknik Kimia Universitas Syiah Kuala (USK) menorehkan prestasi membanggakan di ajang internasional, dengan perolehan medali emas pada 2nd International Competition of Five Minutes Thesis (ICOFIMIT) 2023.

Prestasi ini dibawa pulang ke Aceh oleh mahasiswa Fakultas Teknik yang tergabung dalam tim The Gabe Oil: Habil Dian Ramadhan (ketua tim), Muhammad Alif Kinan, dan Afdhal Mujaddid. Yang dibimbing oleh Dr. Ir. Farid Mulana, S.T., M.Eng.

Kompetisi 2nd ICOFIMIT 2023 ini diselenggarakan oleh UCSI Universiti dan Kolej Vokasional Kementerian Pendidikan Malaysia. Dengan ratusan peserta dari perwakilan berbagai universitas ragam negara. Seperti Universiti Teknologi Petronas, Singapore, University of Technology and Design, Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia, Universitas Brawijaya, dan lainnya.

2nd ICOFIMIT 2023 merupakan ajang adu inovasi dan berpikir kritis para peneliti muda, dalam mempresentasikan hasil karya yang telah mereka lakukan. Pengumuman juara disampaikan melalui Platform GoTo, Senin, 20 November 2023.

The Gabe Oil mengusung judul: Production of Liquid Glucose From Sugarcane Waste Through the Delignification-Hydrolysis Process. Karya ini membahas tentang pemanfaatan limbah tebu secara efisien

“Tujuan penelitian ini untuk mengubah limbah tebu menjadi produk bernilai tambah, seperti glukosa cair melalui proses delignifikasi dan hidrolisis. Hal ini bisa terjadi karena ampas tebu memiliki kandungan selulosa dan hemiselulosa yang cukup tinggi,” jelas Habil.

Sementara itu, Alif menuturkan, topik tersebut diangkat mengingat masih banyaknya limbah biomassa yang terbuang sia-sia. Menurutnya, limbah-limbah tersebut jika diolah melalui serangkaian proses, dapat dimanfaatkan kembali menjadi sesuatu yang sangat useful bahkan bernilai ekonomis.

“Maka ilmu dari Teknik Kimia punya peran dalam memaksimalkan potensi seperti ini. Alhamdulillah kami bersyukur atas prestasi ini,” tambah rekan yang lain, Afdhal.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kewirausahaan USK, Prof. Dr. Mustanir, M.Sc menyampaikan selamat dan terimakasih kepada FT USK yang telah membimbing mahasiswa, sehingga prestasi manis itu dapat direngkuh.

“USK terus memberikan dukungan kepada setiap mahasiswa yang berkompetisi di berbagai ajang. Insya Allah dengan niat baik, ketekunan, dan semangat kebersamaan, anak-anak kita terus istiqamah di jalan kebaikan dan prestasi,” kata Prof Mustanir. (*)