Beranda Headline DPRK Banda Aceh Sah APBK 2024 Sebesar Rp 1,2 Triliun

DPRK Banda Aceh Sah APBK 2024 Sebesar Rp 1,2 Triliun

Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh mengesahkan APBK Banda Aceh Tahun Anggaran 2024. Foto: Humas/DPRK BNA.

Banda Aceh – Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh mengesahkan APBK Banda Aceh Tahun Anggaran 2024 sebesar Rp l. 293.483.036.666. Pengesahaan tersebut berlangsung dalam rapat paripurna, setelah mendapatkan persetujuan dari seluruh fraksi – fraksi dewan, Rabu (22/11/2023).

Rapat pengesahan APBK tersebut dipimpin langsung Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar, didampingi Wakil Ketua I, Usman, dan Wakil Ketua II, Isnaini Husda, serta segenap anggota DPRK lainnya. Turut hadir Pj Wali Kota Banda Aceh, Amiruddin, dan Sekda, SKPK, Forkopimda dan tamu undangan lainnya.

Dalam rapat tersebut kedua belah pihak ikut melakukan penandatanganan berita acara nota kesepakatan (MoU) antara DPRK Banda Aceh dan Walikota Banda Aceh terhadap Rancangan Qanun (Raqan) APBK Banda Aceh Tahun Anggaran 2024.

Adapun ringkasan APBK Banda Aceh Tahun Anggaran 2024 yang telah disetujui bersama antara Wali Kota dan Pimpinan DPRK Banda Aceh yaitu, Pendapatan Daerah, direncananakn sebesar Rp. 1.286.283.036.666. Belanja Daerah direncanakan sebesar Rp. 1.293.483.036.666.

Dalam RAPBK Tahun Anggaran 2024 penerimaan pembiayaan direncanakan sebesar Rp. 10. 000. 000. 000. Yang bersumber dari SiLPA tahun anggaran sebelumnya. Sedangkan pengeluaran pembiayaan direncanakan sebesar Rp. 2.800.000.000 yang direncanakan untuk pembayaran cicilan pokok utang yang jatuh tempo.

Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar dalam sambutannya menyampaikan bahwa tahun 2024 merupakan tahun akhir dari perjalanan masa tugas dan masa bakti selaku anggota DPRK Banda Aceh hasil pemilu 2019 lalu.

”Karena dalam periode kami selama ini pembahasan dan penetapan qanun APBK dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, hal ini menunjukan komitmen kuat kita bersama dalam menjalankan amanah rakyat, kinerja yang baik dalam menjalankan fungsi kita sebagai anggota legislatif,” kata Farid Nyak Umar.

Pengesahan anggaran tepat waktu merupakan salah satu upaya agar realisasi anggaran dapat dilaksanakan sesuai dengan tahapan dalam pengelolaan keuangan daerah. Karena APBK Kota Banda Aceh 2024 sepenuhnya diupayakan dalam rangka menjalankan pembangunan, menggerakan dan meningkatkan perokonomian, pelayanan publik dan pelayanan sosial bagi segenap warga masyarakat Kota Banda Aceh.

Karena itu Farid mengajak semua pihak untuk terus menyatukan niat dan tekad semua, untuk membangun Kota Banda Aceh yang lebih maju dan moderen ke depan, dengan tetap mengedepankan kepentingan dan kesejahteraan warga Kota Banda Aceh tercinta.

”Mari kita sama-sama mengimplementasikan segenap daya dan upaya yang ada, untuk memberikan yang terbaik, yang menjadi dambaan dan harapan seluruh warga masyarakat di Kota Banda Aceh,” tutur Ketua DPD PKS Kota itu.[***]