Beranda Headline Aceh Besar Juara I Lomba Hikayat PKA-8

Aceh Besar Juara I Lomba Hikayat PKA-8

Perwakilan Kontingen Kabupaten Aceh Besar mengambil piala dan penghargaan juara pertama Lomba Mengarang dan Baca Hikayat pada PKA ke-8 di Kompleks Taman Budaya Kota Banda Aceh, Jum'at (10/11/2023) malam FOTO/DOK DKAB

*DKAB Apresiasi Pemkab Aceh Besar

Banda Aceh – Kontingen Kabupaten Aceh Besar kembali mengukir prestasi gemilang di ajang PKA ke-8. Kali ini duta budaya dari Kabupaten tetanngga Banda Aceh itu meraih juara pertama kategori Lomba Mengarang dan Baca Hikayat pada Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 di Komplek Taman Budaya Kota Banda Aceh, Jum’at (10/11/2023).

Ketua Dewan Kesenian Aceh (DKA) Kabupaten Aceh Besar, Mariadi, ST, MT, mengatakan, seniman Aceh Besar M Nur Lamnga mengarang dan membacakan hikayat yang berjudul “Troh Ban Hajat” yang menceritakan cita-cita seseorang menunaikan haji dengan hasil rempah. Dengan kegigihannya akhirnya orang tersebut mampu menunaikan haji menuju tanah suci. Hikayat tersebut menjadi yang terbaik dengan meraih nilai 489.

“M Nur Lamnga bercerita tentang perjuangan seseorang yang memiliki cita-cita naik haji dengan hasil rempah. Cerita itu dikemas dan disajikan dengan alur dan konten yang baik serta sesuai tema PKA VIII. Sehingga seniman Aceh Besar ini akhirnya terpilih sebagai juara pertama membaca hikayat pada PKA 8,” kata Mariadi, di Anjungan Aceh Besar PKA-8, Komplek Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh, Sabtu (11/11/2023) sore.

Mariadi yang juga Ketua Pertunjukan Seni Panggung PKA-8 Aceh Besar mengatakan, M Nur Lamnga merupakan seniman DKA Aceh Besar yang bernaung di bawah bendera Sanggar Seueng Samlakoe yang diketuai seniman terkenal Syeh Medya Hus patut diberikan apresiasi, sehingga mampu memberikan juara kepada kontingen Aceh Besar.

“M Nur itu, dari Sanggar Seueng Samlakoe, ia juga menjadi bagian dari DKA Aceh Besar, tentu saja kita turut bangga, seniman Aceh Besar mampu menunjukkan kelasnya di ajang PKA 8. Lomba hikayat itu juga diikuti banyak seniman yang hebat, namun M Nur Lamnga mampu menjadi juara pertama dan ini bukti pembinaan seniman terus mendapat perhatian,” ucap Mariadi.

Pada kesempatan itu, didampingi Sekretaris DKAB Abrar SPd, Ketua DKAB Mariadi mengapresiasikan Pemkab Aceh Besar melalui Disdikbud Aceh Besar yang terus memberikan perhatian kepada para seniman. “Terimakasih kami khususnya Bapak Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM dan Bapak Kadisdikbud Aceh Besar Bahrul Jamil SSos MSi dan jajarannya yang memberikan kepercayaan kepada para seniman Aceh Besar tampil memperkuat Aceh Besar pada berbagai lomba di PKA-8 tahun 2023 ini,” demikian Mariadi.

Untuk diketahui, hasil lomba mengarang dan membaca Hikayat PKA-8 dimana Aceh Besar tampil sebagai juara pertama dengan perolehan poin 489, disusul juara 2 Kabupaten Aceh Barat 452 poin, di urutan ketiga Kabupaten Aceh Tamiang 438, sedangkan urutan keempat diisi Kabupaten Aceh Barat Daya dengan poin 380 dan diposisi 5 ada Kabupaten Aceh Utara dengan nilai 350. (*)