Beranda Headline Penggalangan Dana untuk Palestina dari Arena PKA

Penggalangan Dana untuk Palestina dari Arena PKA

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Aceh serta Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Indonesia wilayah Aceh melakukan penggalangan dana untuk membantu rakyat Palestina. Foto: Humas/PKA-8.

Banda Aceh – Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 tak sekadar menampilkan kegiatan budaya. Di event empat tahunan itu juga digelar penggalangan dana untuk membantu rakyat Palestina.

Penggalangan dana diinisiasi organisasi pers yakni Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Aceh serta Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Indonesia wilayah Aceh.

Awalnya, penggalangan donasi dilakukan lewat kotak amal yang ditaruh di stan kedua organisasi itu di arena PKA di Taman Sulthanah Safiatuddin, Banda Aceh.

“Namun setelah kami berdiskusi dengan Kadisbudpar Aceh bapak Almuniza Kamal disarankan agar aksi diperluas dengan melibatkan berbagai unsur lainnya,” kata Ketua PWI Aceh, Nasir Nurdin, Kamis malam, 9 November 2023.

Nasir mengatakan, Warek III Unida Bustamam Ali yang juga penasehat PWI mendukung kegiatan itu dengan melibatkan mahasiswa.

Para mahasiswa yang tergabung dalam relawan tanggap bencana Unida membuka posko dan turun ke jalan untuk menggalang dana.

“Selama satu setengah hari turun ke jalan adik-adik mahasiswa berhasil mengumpulkan donasi Rp 15 juta,”  jelas Nasir.

Menurut Nasir, di stan PWI dan IJTI tetap ditaruh kotak amal bagi pengunjung PKA yang ingin berdonasi.

Masyarakat juga dapat mengirimkan sumbangan lewat rekening Bank Aceh Syariah dengan nomor rekening 500.02.24.500500-0  atas nama Aceh Peduli Palestina.

Jumlah donasi yang terkumpul akan akan diumumkan saat malam penutupan PKA pada Minggu  12 November.

Berdasarkan diskusi dan saran dari Kadisbudpar Aceh Almuniza, donasi akan disalurkan lewat MER-C Indonesia.

“Mudah-mudahan amanah dan sampai ke sasaran,” ujarnya.

Sementara itu, Tgk M Yunus mengajak seluruh masyarakat Aceh untuk peduli terhadap warga Palestina yang kini tengah terzalimi oleh invasi Israel.

“Kita harus sayang kepada saudara kita di Palestina. Mari kita berdoa dan menggalang donasi untuk Palestina,” ajak Tgk Yunus dalam acara bertajuk ‘Aceh Peduli Palestina’ itu. (*)