Beranda Headline Penerapan Konsep Go Green pada PKA-8 Tuai Apresiasi

Penerapan Konsep Go Green pada PKA-8 Tuai Apresiasi

Konsep Go Green digemakan Pada Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8. Foto: Humas/Disbudpar Aceh.

Banda Aceh – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Aceh mengapresiasi konsep gelaran Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8. Hal ini disampaikan Direktur Walhi Aceh Ahmad Shalihin dalam Dialog Pagi “Go Green PKA, Wujudkan Aceh Hijau” bersama RRI, Senin 6 November 2023.

Ahmad Shalihin mengatakan, pihaknya cukup mengapresiasi tema rempahkan bumi dan pulihkan dunia. Bahkan, Walhi untuk kampanye selama ini juga mengusung konsep go green pulihkan Indonesia.

“Jadi sudah sejalan, malah lebih luas lingkupnya secara PKA-8,” kata Shalihin.
Konsep Go Green yang dikedepankan dalam gelaran PKA-8,  kata Shalihin, jika ditinjau dari sisi etika ataupun prilaku, adalah sikap bagaimana mengajak orang mengubah gaya hidup agar peduli terhadap lingkungan.

Menurut Shalihin, memang gaya hidup seseorang itu sulit untuk di ubah, bahkan membutuh waktu dan inovasi yang besar.

“Karena seserius apapun tema yang kita dorong dan sebanyak apapun fasilitas disediakan, kalau masyarakatnya tidak ikut berperan tentu pencapaian sulit di capai,” ujar Shalihin.

Sementara itu, Kepala Bidang Sejarah dan Nilai Budaya Disbudpar Aceh, Evi Mayasari, mengatakan PKA-8 kali ini sesuai dengan arahan dari Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Ayu Marzuki, terhadap edukasi untuk masyarakat tentang isu penduli lingkungan.

“Sebagaimama kita ketahui setiap event besar masalah yang paling sering muncul itu adalah sampah dan itu terus-terusan manjadi tugas besar buat kami sebagai penyelenggara,” kata Evi Mayasari.

Oleh karenanya, tutur Evi, pihaknya menyambut hangat instruksi dari Pj Ketua Tim Penggerak PKK yang sangat konsen terhadap isu Go Green atau ramah lingkungan. “Sehingga kami pun dari panitia berusaha untuk meralisasikan gerakan Go Green,” ujarnya.

Di sisi lain, Evi mengatakan gerakan go green atau ramah lingkungan sudah digaungkan mulai sejak dua tahun lalu oleh pihaknya dalam setiap event.

“Sehingga pada event akbar ini (PKA-8) salah satu momentum yang tepat dengan hadir pengujung ribuan. Artinya, menjadi momentum yang tepat bagi kami selaku pihak penyelenggara untuk melakukam edukasi dan sosialisasi seperti apa Go Green tersebut,” pungkasnya. [*]