Beranda Headline Asisten Sekda Aceh Buka ‘Aceh Tourism and Business Forum 2023’

Asisten Sekda Aceh Buka ‘Aceh Tourism and Business Forum 2023’

Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Aceh, Ir. Mawardi, mewakili Gubernur Aceh, saat membuka Aceh Tourism Business Forum tahun 2023 di Hotel Hermes Palace Banda Aceh, Senin (6/11/2023). Foto: Humas/Aceh.

BANDA ACEH – Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Aceh, Ir. Mawardi, mewakili Gubernur Aceh membuka Aceh Tourism Business Forum tahun 2023 di Hotel Hermes Palace Banda Aceh, Senin 06/11/2023.

Dalam sambutan gubernur yang dibacakan Mawardi menyebutkan, perdagangan dan pariwisata selalu menjadi hal penting dalam pembangunan ekonomi global yang saling terkait satu sama lain. Terlebih pariwisata, kata Mawardi, merupakan salah satu sektor unggulan yang telah memantapkan diri sebagai salah satu industri bisnis dengan pertumbuhan tercepat di dunia.

Mawardi melanjutkan, setelah krisis global yang melanda dunia beberapa waktu lalu, kini perekonomian dunia kembali pulih. Sektor pariwisata di Aceh yang sempat terpuruk tajam juga disebut telah bangkit dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan 1.715.923 orang pada tahun 2022 dibandingkan tahun 2021 sejumlah 1.459.986 orang.

“Adapun target kunjungan dalam tahun 2023 ini adalah sebanyak 2,5 juta wisatawan. Dari data yang berhasil dihimpun, setidaknya lebih dari 833 objek destinasi wisata terdapat di seluruh Aceh; baik itu wisata bahari, wisata alam, wisata budaya, wisata religius, wisata kuliner, cagar budaya dan sebagainya,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskan, tujuan utama pelaksanaan kegiatan Aceh Tourism and Business Forum ini adalah meningkatkan perekonomian Aceh untuk tumbuh kuat dan inklusif.

“Melalui kegiatan ini kami berharap banyak pelaku usaha yang akan tertarik untuk berinvestasi di Aceh. Mari kita dorong perekonomian Aceh melalui aktivitas usaha yang berkelanjutan dan komoditas bernilai tambah,” kata Mawardi. [*]