Beranda Headline Ketua DPRK Banda Aceh Ajak Pemuda Beri Peran dan Kontribusi bagi Masyarakat

Ketua DPRK Banda Aceh Ajak Pemuda Beri Peran dan Kontribusi bagi Masyarakat

Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar mengajak pemuda agar selalu berperan dan berkontribusi di masyarakat. Foto: Humas/DPRK BNA.

Banda Aceh – Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar mengajak pemuda agar selalu berperan dan berkontribusi di masyarakat. Sebab Banda Aceh memiliki bonus demografi, dimana saat ini gen milenial atau porsi usia muda lebih banyak jumlahnya. Oleh karenanya dengan adanya produktivitas, pemuda dapat membangun gampong menjadi lebih baik.

Hal itu disampaikan Farid Nyak Umar saat menerima audiensi pemuda Gampong Laksana yang dipimpin Ketua Pemuda gampong, Khairul dan pengurus lainnya, pada Rabu (25/10/2023) di ruang kerjanya di Lantai III Gedung DPRK Banda Aceh.

Dalam kesempatan itu juga, Farid mengapresiasi berbagai kreativitas pemuda Gampong Laksana. Ia berdiskusi banyak dan berbagi pengalaman seputar kiprah dan peran kepemudaan lainnya.

Farid mengatakan, saat ini salah satu inkubasi lahirnya kapasitas pemuda dengan cara berorganisasi, karena dengan cara demikian pemuda dapat mengasah kemampuan, membangun kapasitas (capacity building) dan kecakapan sehingga ketika berada dalam masyarakat ia mampu berkontribusi secara maksimal. Kemudian dengan beroganisasi juga memiliki jejaring atau relasi yang kuat.

” Hari ini tantangan pemuda juga cukup besar, ada narkoba, pergaulan bebas, dan judi online. Oleh karenanya pemuda harus berjibaku dengan aktivitas positif melalui kreativitasnya agar tak terjerumus dalam hal negatif,” ujarnya.

Selain itu, Legislator muda di parlemen kota Banda Aceh ini juga tak menafikan bahwasanya pemuda dapat berkontribusi dengan menjadi pengambil kebijakan di tingkat gampong.

“Anak muda hari ini juga memungkinkan menjadi pemangku kebijakan, sebab hari ini banyak pejabat publik yang berusia muda, mulai dari keuchik sampai dengan pimpinan OPD,” kata Ketua DPD PKS Banda Aceh tersebut.

Karena itu, selaku pimpinan anggota dewan Banda Aceh, Farid mendukung segala kegiatan menyangkut kepemudaan. Ia meminta Pemko Banda Aceh untuk menyediakan public space bagi anak muda.

“Kita mengupayakan pemuda ini agar selaku tersalurkan bakat dan perannya baik di masyarakat maupun dalam ruang lainnya yang lebih luas,” pungkas Farid.

Sekretaris Pemuda Gampong Laksana, Ikram Maulanda merasa bersyukur bisa berdiskusi langsung dan berbagi pengalaman di bidang kepemudaan dengan Ketua DPRK Banda Aceh.

“Kita banyak belajar dari Pak Ketua, sehingga kami mendapat tambahan semangat dan motivasi terutama terkait peran pemuda di gampong, dalam masyarakat dan kontribusi lainnya terutama bagi Banda Aceh,” tuturnya. (***)