Beranda Headline Jelang PKA ke-8, Pj Bupati dan ASN Lakukan Aksi 1 Jam Pungut...

Jelang PKA ke-8, Pj Bupati dan ASN Lakukan Aksi 1 Jam Pungut Sampah di Anjungan Aceh Besar

Para ASN dan di jajaran Pemkab Aceh Besar, dipimpin Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM melaksanakan aksi satu jam memungut sampah di Anjungan Aceh Besar komplek Taman Ratu Safiatuddin, Sabtu (21/10/2023). (Foto/Prokopim Setdakab Aceh Besar).

Kota Jantho – Menjelang pelaksanaan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8, para ASN dan di jajaran Pemkab Aceh Besar, melaksanakan aksi satu jam memungut sampah di Anjungan Aceh Besar komplek Taman Ratu Safiatuddin, Sabtu (21/10/2023). Kegiatan ini dilaksanakan sebagai persiapan menyambut acara festival budaya yang dijadwalkan berlangsung pada pada 4-12 November 2023 di Banda Aceh.

Sebelum kegiatan satu jam memungut sampah, Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM lebih dulu melakukan apel pengarahan. Kemudian bersama seratusan ASN, Iswanto melakukan aksi pungut sampah dan bersih-bersih di Anjungan Aceh Besar.

Hadir juga Sekda Aceh Besar Drs Sulaimi MSi, Asisten I Farhan AP, Asisten II M Ali SSos MSi, Pj Ketua TP-PKK Aceh Besar Cut Rezky Handayani SIP MM, dan para Kepala OPD.

Dalam arahannya, Iswanto meminta agar anjungan dan stand milik Aceh Besar harus terlihat indah dan menarik. Sebab, katanya, Anjungan Aceh Besar berada di pintu masuk utama menuju arena PKA.
“Pengunjung yang masuk ke arena PKA lebih dulu akan melihat anjungan Aceh Besar, karena kita berada tepat di pintu masuk, oleh karena itu harus menarik dan selalu bersih,” Kata Iswanto.

Menurut Iswanto, sesuai dengan tema PKA kali terkait dengan Jalur Rempah, anjungan Aceh Besar nantinya akan menampilkan sejumlah rempah mulai yang hidup dalam bentuk tumbuhan sampai yang sudah proses pengeringan maupun siap saji.
Iswanto menambahkan , pesisir Aceh Besar pada masanya pernah menjadi jejak perdagangan rempah-rempah. Bahkan wilayah pesisir Aceh Besar pernah berjaya dan menjadi jalur perdagangan rempah dunia, seperti kawasan Kecamatan Lhoknga yang pernah jaya dengan cengkehnya.

Muhammad Iswanto SSTP MM menegaskan, Aceh Besar siap meraih kembali gelar juara umum dan akan tampil maksimal dalam even PKA ke-8. Kegiatan PKA Ke-8 itu sangat penting untuk memperlihatkan kekayaan budaya dan pelestarian warisan budaya yang ada di seluruh kabupaten/kota di Aceh, termasuk kepada generasi muda Aceh.
“Kabupaten Aceh Besar siap meraih kembali gelar juara umum dan akan tampil maksimal dalam even PKA ke-8 tersebut,” ungkap Pj Bupati Aceh Besar.

Oleh sebab itu, katanya, menjelang even budaya terbesar tingkat Provinsi Aceh tersebut digelar, Aceh Besar akan terus mematangkan dan memaksimalkan berbagai cabang dan bidang yang diperlombakan. “Termasuk mempersiapkan tempat di lokasi acara dan membesihkan Anjungan Aceh Besar,” katanya.

Untuk diketahui, pada PKA ke-8 yang mengusung tema “Rempahkan Bumi, Pulihkan Dunia”, Kabupaten Aceh Besar akan tampil pada sejumlah kegiatan meliputi pawai budaya, atraksi budaya, pertunjukan dan lomba seni, festival kuliner, permainan rakyat, festival busana, serta pameran di Anjungan PKA dan pameran ekonomi rempah.(*)