Beranda Headline Hijau kan Negeri, Kapolresta Banda Aceh Tanam Pohon Bersama Warga

Hijau kan Negeri, Kapolresta Banda Aceh Tanam Pohon Bersama Warga

Kapolresta Banda Aceh melakukan penanaman pohon serentak bersama seluruh jajaran Polda se Indonesia berlangsung di lahan penghijauan milik Gampong Miruek Lamreudeup, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar, Jumat (13/10/2023). Foto: Humas/Polresta Banda Aceh.

Banda Aceh – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Humas Polri ke 72, Mabes Polri mengadakan penanaman pohon serentak bersama seluruh jajaran Polda se Indonesia dalam Program “Polri Melestarikan Negeri, Penghijaukan Sejak Dini”.

Hal ini turut dilaksanakan oleh Polresta Banda Aceh di lahan penghijauan milik Gampong Miruek Lamreudeup, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar, Jumat (13/10/2023).

Sekdes Miruek Lamreudeup, Muhajir mengatakan, kami kami sangat berterima kasih kepada Kapolresta Banda Aceh yang telah menghijaukan desa kami dengan menamankan pohon yang dapat bermanfaat dimasa yang akan datang.

“Program Polri Melestarikan Negeri, Penghijaukan Sejak Dini ini sangat bermanfaat bagi kami, apalagi saat ini yang kami butuhkan tanaman yang dapat bermanfaat dimasa yang akan datang,” ucap Muhajir.

Disisi lain, kelompok tani yang ada di desa kami membutuhkan tanaman seperti rambutan, mangga, kelengkeng, karena ini akan bermanfaat bagi masa depan warga disini, tambahnya.

Perlu diketahui, desa Miruek Lamreudeup dengan luas 400 hektar dengan jumlah penduduk 3.300 jiwa dan sangat perlu dilakukan penghijauan, semoga kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara berkesinambungan, ucap Sekdes.

Pasca Tsunami, desa kami sudah mulai kurang dilakukan penghijauan, maka dengan dilaksanakan hari ulang tahun Humas Polri ke 72 ini, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami semua, tuturnya.

Kami juga berterima kasih kepada Kelompok Tani Hutan “Mirla Sejahtera” yang telah mensupport kegiatan Polresta Banda Aceh yang telah direncanakan dengan baik sehingga pelaksanaan sukses, pungkasnya.

Kemudian, ketua kelompok Tani Hutan Mirla Sejahtera, M. Ali Umar mengatakan, selamat kepada Humas Polri yang telah berusia 72 tahun.

“Selamat Ulang Tahun Humas Polri ke 72, Program yang dilakukan oleh Polri melestarikan dengan cara menghijaukan negeri ini sangat bermanfaat bagi kami, disini kami memiliki lahan untuk dibudayakan tanaman yang sangat bermanfaat, ” katanya.

Kemudian, disini juga ada konservasi manggrove, ekonomi manggrove, dan wisata manggrove, namun hari ini kita melaksanakan penanaman pohon mangga, kelengkeng dan rambutan. Sangat berguna bagi anak kita dimasa depan nantinya, sambung M. Ali.

Alhamdulillah, dengan luas lahan sebesar 7 ribu meter ini dapat dimanfaatkan sebagai lokasi penanaman pohon dalam rangka Hut Humas Polri ke 72, pungkasnya.

Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli dalam sambutannya mengatakan, terima kasih kepada warga Miruek Lamreudeup yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan penanaman pohon serentak dalam rangka HUT Humas Polri ke 72.

Kehadiran kami hari ini selain menjalin hubungan silaturrahmi, juga sebagai sarana menguhijaukan kembali gampong Miruek Lamreudeup dengan cara menyalurkan bibit unggul pohon yang bermanfaat bagi warga.

“Pohon yang akan kita tanam hari ini diantaranya mangga, kelengkeng dan rambutan sebanyak 250 batang karena tanah- tanah di disini sangat cocok untuk ditanam pohon yang unggul,” kata KBP Fahmi.

Alhamdulillah dengan adanya kelompok tani ini, kita dapat memproduktif lagi lahan kosong dengan menghijaukan kembali melalui Program yang telah dicanangkan oleh Mabes Polri, sambungnya.

Banyak rangkaian kegiatan yang telah dilakukan oleh Humas Polresta Banda Aceh sebelum hari ini, diantaranya donor darah , pendistribusian air bersih yang juga dilaksanakan di Komplek ADB gampong Miruek Lamreudeup beberapa hari lalu, dan hari ini sama sama kita hadir disini kembali kita lakukan penanaman pohon serentak di Komplek Perumahan Arab Saudi gampong yang kita cintai ini, kata KBP Fahmi.

Semoga, apa yang kita tanam, dapat kita tuai di kemudian hari dan dapat dimanfaatkan oleh anak cucu kita, pungkas KBP Fahmi. (*)