Beranda Headline Tim Malem Diwa USK Catatkan Efisiensi Energi di Shell Eco-Marathon Asia Pacific...

Tim Malem Diwa USK Catatkan Efisiensi Energi di Shell Eco-Marathon Asia Pacific and the Middle East 2023

Tim Malem Diwa USK mengikuti Shell Eco-Marathon Asia Pacific and the Middle East 2023 di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok, Indonesia. Foto: Humas/USK.

Banda Aceh – Tim Malem Diwa USK telah mengikuti Shell Eco-Marathon Asia Pacific and the Middle East 2023. Acara kompetisi level internasional ini berlangsung dari tanggal 4-9 Juli 2023, di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok, Indonesia.

Pada ajang ini, tim dipimpin oleh Fayyadh Mudarakna, mahasiswa Jurusan Teknik Mesin FT USK dan dibimbing oleh Muhammad Tadjuddin S.T, M,Eng.Sc.

Dalam kompetisi Shell Eco-Marathon Asia Pacific and the Middle East 2023, Tim Malem Diwa mencatat kemajuan yang signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Tim telah menghadapi tantangan dan berusaha secara maksimal untuk menciptakan kendaraan yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Tim Malem Diwa Urban mengalami peningkatan yang mencolok dalam efisiensi kendaraan.

“Tahun ini, tim kami mencatatkan tonggak bersejarah dalam partisipasi kami pada kompetisi Shell Eco-Marathon. Untuk pertama kalinya, kami berhasil mengikuti, bersaing dan memperoleh nilai dalam dua kategori yang berbeda, yaitu Urban Battery Electric dan Proto Internal Combustion Engine. Tim ini mengalami peningkatan yang mencolok dalam efisiensi kendaraan,” ungkap Ketua Tim, Fayyadh Mudarakna.

Ia menyampaikan, dengan total 90 tim yang mengikuti kompetisi pada semua kategori dan kelas, Malemdiwa telah menunjukkan kemampuan dalam mengoptimalkan penggunaan energi listrik dalam kendaraannya.

“Pencapaian ini tidak hanya menjadi bukti upaya keras dan dedikasi tim, tetapi juga menempatkan Malemdiwa Urban R5.1 pada peringkat 7 dari total 14 tim kelas urban yang berpartisipasi. Kami bangga dapat bersaing dengan tim-tim lainnya dalam hal efisiensi energi,” sebutnya.

Chief Supervisor Tim Malem Diwa, Muhammad Tadjuddin S.T M,Eng.Sc menambahkan, selain itu, tim Malem Diwa Proto X2.3 yang tidak ikut dalam ajang tahun lalu, namun telah ikut tahun ini juga menunjukkan peningkatan yang signifikan.
Yang mana mobil ini berhasil mencapai hasil yang maksimal pada kelas proto.

“Kami merasa puas dengan peningkatan ini, karena menunjukkan hasil dari peningkatan teknologi dan strategi yang kami terapkan. Peningkatan kinerja kendaraan kami, dalam menggunakan bahan bakar secara efisien adalah bukti nyata komitmen kami terhadap mobilitas berkelanjutan,” tutur Tadjuddin.

Dalam efisiensi kendaraan, Tim Malem Diwa, juga meraih prestasi sebagai tim pertama yang berhasil melewati tahap inspeksi teknis (technical inspection). Tahap ini merupakan ujian penting yang melibatkan penilaian ketat terhadap kesesuaian kendaraan dengan persyaratan teknis dan keamanan.

Bagi tim yang tidak lulus dalam tahap inspeksi teknis, maka tim tersebut tidak boleh turun berlaga di aspal sirkuit Mandalika yang terkenal itu. Keberhasilan tim dalam melewati tahap tersebut, menurutnya, menjadi bukti dari ketelitian dan profesionalisme yang mereka terapkan, dalam merancang dan membangun kendaraan itu.

“Kami melihatnya sebagai hasil dari upaya tim yang solid dan semangat inovasi yang kami bawa dalam setiap langkah. Kami berkomitmen untuk terus mendorong batas-batas teknologi efisiensi energi, berkontribusi pada mobilitas berkelanjutan, dan menjadi contoh bagi tim-tim lainnya dalam hal inovasi dan kesadaran lingkungan,” jelasnya.

Pencapaian dalam kompetisi ini, menurutnya, bukan hanya tentang tim Malemdiwa sendiri, tetapi juga tentang masa depan mobilitas yang lebih ramah lingkungan. Wakil USK ini berharap, dapat menginspirasi dan mendorong perkembangan teknologi yang lebih baik di bidang efisiensi energi.

Sementara itu, Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Marwan menyampaikan apresiasi atas capaian yang terbaik dari Tim Malemdiwa, yang telah mengharumkan nama USK. Dirinya berharap, capaian ini dapat juga diperoleh pada perlombaan yang akan datang.

“USK terus berinovasi dalam berbagai bidang, termasuk pada mobil Malem Diwa yang punya spirit teknologi masa depan, efisiensi lagi ramah lingkungan. Semoga prestasi ini terus bisa ditingkatkan,” ucap Rektor.

Prof Marwan juga turut menyampaikan terimakasih kepada segenap delegasi USK yang tergabung di Tim Malemdiwa, yang sudah bekerja keras demi membanggakan nama kampus. Tak lupa, Rektor mengucapkan apresiasi yang tinggi kepada semua sponsor yang sudah banyak membantu tim malemdiwa, sehingga dapat menciptakan mobil dengan segala kelebihan yang ada, hingga bisa berkompetisi di level internasional.

Untuk diketahui, Shell Eco-Marathon Asia Pacific and the Middle East 2023 merupakan kompetisi internasional bergengsi dalam dunia mobil hemat energi, dimana tim-tim inovatif dari seluruh Asia Pasifik dan Timur Tengah berlomba untuk menciptakan dan menampilkan kendaraan yang paling efisien dalam hal konsumsi energi.

Dalam kompetisi itu, memberikan kesempatan bagi para peserta untuk menguji ide-ide kreatif, dan teknologi terbaru dalam upaya untuk menciptakan masa depan mobilitas kenderaan yang berkelanjutan.

Pada kompetisi tahun ini, Tim Malemdiwa pertama sekalinya ikut dalam dua kategori perlombaan dan membawa dua jenis mobil yaitu yaitu Malem Diwa Urban R5.1 dan Malem Diwa Proto X2.3. Kategori yang diikuti oleh Tim Malemdiwa pada Shell Eco-Marathon Asia Pacific and the Middle East 2023 adalah Urban Concept Battery dan Prototype Internal Combustion Engine.

Mobil-mobil ini merupakan hasil dari pengembangan penelitian yang telah dilakukan secara intensif dan berkelanjutan demi mencapai efisiensi maksimum dalam penggunaan sumber daya energi. Malem Diwa telah dibentuk sejak tahun 2015. (*)