Beranda Headline Aceh Besar Gaet Dua Jawara dan Masuk Enam Nominator Inacraft ke-23

Aceh Besar Gaet Dua Jawara dan Masuk Enam Nominator Inacraft ke-23

Duta Dekranas Aceh Besar berhasil mendulang prestasi gemilang dalam ajang promosi kreasi kerajinan di Jakarta Internasional Handicraft atau Inacraft ke-23, di Jakarta Convention Center (JCC).

JAKARTA – Duta Dekranas Aceh Besar yang dipimpin langsung ketuanya, Cut Rezky Handayani SIP MM, berhasil mendulang prestasi gemilang dalam ajang promosi kreasi kerajinan di Jakarta Internasional Handicraft atau Inacraft ke-23, di Jakarta Convention Center (JCC).

Kabar sukses itu diungkapkan Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto SSTP MM, Jumat (03/03/2023) malam.

“Alhamdulillah, kali ini kita meraih sukses di ajang Inacraft ke-23, dengan meraih beberapa katagori juara. Semua ini berkat kerja keras tanpa mengenal lelah dari semua yang terlibat dalam kafilah Dekranas Aceh Besar di Inacraft,” kata Iswanto.

Menurut Pj Bupati Muhammad Iswanto, keberhasilan itu juga buah dari persiapan matang yang dilakukan menjelang pelakasanaan event ekspo kerajinan secara nasional tersebut. Aceh Besar adalah peserta dalam event yang diikuti ratusan perwakilan tersebut, baik dari kalangan Dekranas, maupun pengrajin kelas nasional, bahkan yang sudah bermain di level internasional.

Dari Aceh sendiri yang ikut selain Aceh Besar adalah, Kota Banda Aceh, Bireuen, Aceh Utara, Aceh Tamiang. Event itu sendiri dimulai sejak tanggal 1 hingga 5 Maret 2023. “Pengumuman sengaja leboh awal dilakukan, sehingga boks atau stand yang mendapat gelar juara serta masuk nominasi akan menjadi pusat kunjungan tamu serta para calon buyer,” kata Iswanto.

Aceh Besar sediri meraih dua status jawara yaitu, juara 2 Natural Fyber dengan produk katheng box dari 185 produk dengan katagori anyaman. Selain itu juara 2 stand terbaik kategori BUMN/Group/Pemerintah. Selain itu juga masuk 6 Nominasi Fashion Show dan satu-satunya tampil dengan tema busana muslim.

Seperti diberitakan sebelumnya, Penjabat Bupati Aceh Besar,  Muhammad Iswanto, bersama Pj Ketua Dekranasda Aceh Besar, Cut Rezky Handayani, memboyong ragam produk kerajinan UMKM Aceh Besar ke Inacraft ke-23, di Jakarta Convention Center (JCC).
Pameran INACRAFT diprakarsai Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI), bekerja sama dengan PT Mediatama Binakreasi.

Pj Bupati Iswanto menjelaskan, kehadiran pihaknya untuk menampilkan ragam produk kerajinan di Inacraft 2023, bertujuan untuk mengapresiasi perajin hingga UMKM agar terus mengembangkan kreasi produknya secara lebih inovatif.

“Kami berharap momentum Inacraft dapat menjadi pemacu peningkatan kinerja pelaku UMKM kerajinan Aceh Besar, sehingga berdampak pada pertumbuhan ekonomi. Selain konsumen masyarakat lokal dan dalam negeri yang besar, pasar luar negeri juga dapat menjadi target pasar penjualan produk kerajinan Aceh Besar,” kata Iswanto kala itu. (*)